Sarman Mengucapkan ...

Selamat Datang di Blog Sarman To Mandar


Wednesday, August 13, 2014

Prediksi Liga Primer Inggris 2014/2015

Tanpa terasa musim baru liga-liga dunia akan segera dimulai. Selalu menarik untuk membahas berbagai prediksi calon juara dan posisi klub-klub top di klasemen akhir pada penghujung musim, khususnya di liga-liga terbaik dunia seperti Inggris, Spanyol, Jerman dan Italia. Seperti diketahui bahwa 4 liga tersebut memiliki nilai koefisien tertinggi dalam urutan koefisien liga-liga Eropa yang dirilis oleh UEFA setiap tahunnya. Sebagaimana rilis terakhir, Liga Spanyol masih berada di urutan pertama pemilik koefisien Eropa tertinggi menyusul Liga Inggris, Liga Jerman, Liga Italia dan Liga Portugal.

Pada musim kompetisi 2014/2015 Liga Primer Inggris akan lebih dulu mengawali musim pada akhir minggu ini. Meski Koefisien liga Inggris masih di bawah koefisin liga Spanyol, namun liga Inggris diakui sebagai liga yang paling kompetitif di Eropa karena dihuni oleh banyak klub besar yang memiliki sejarah yang mengagumkan yang menyebabkan perebutan trophy liga Inggris dapat melibatkan 4-6 tim yang saling menjatuhkan. Hal itu sangat berbeda dengan yang terjadi di Liga Spanyol dan Liga Jerman. Di liga Spanyol, praktis hanya Real Madrid dan Barcelona yang selalu menjadi pemburu gelar utama setiap tahunnya, sedangkan tim lain hanya sekali-kali mengganggu dominasi mereka seperti yang dilakukan oleh Atletico Madrid Musim kompetisi yang lalu. Demikian pula yang terjadi di Liga Jerman, dimana hanya Bayern Munich hampir selalu menjadi kandidat utama peraih gelar, dan tim-tim lain silih berganti berusaha menjegal, tapi tentu saja tidak pernah ada yang bertahan lama.
Sebagai kompetisi yang diklaim sebagai paling kompetitif di dunia, sangat sulit untuk memprediksi tim yang akan mengangkat tropi liga Inggris di akhir musim. Untuk musim ini saja, ada 5 (lima) klub yang akan bersaing ketat memperebutkan Juara Liga Inggris, yaitu Manchester City, Chelsea, Manchester United, Arsenal dan Liverpol. Lima klub tersebut masing-masing memiliki sejarah panjang prestasi di persepakbolaan dunia, baik di tingkat domestik maupun di Eropa. Manchester United misalnya, merupakan klub pengoleksi gelar terbanyak liga Inggris dengan 20 gelar. Walaupun musim lalu begitu keteteran dan tak mampu bersaing di papan atas, namun seiring dengan kedatangan pelatih baru, Manchester United diprediksi akan bangkit dengan semangat baru, apalagi musim ini mereka tidak terlibat di kompetisi eropa, baik Liga champion maupun liga Europe. Berikutnya Liverpool sebagai peraih tropi terbanyak kedua pun tidak bisa dikesampingkan. meskipun mereka telah puasa tropu liga Inggris selama lebih dari dua dekade, namun Liverpool tetaplah Liverpool dengan karakter yang dapat menggetarkan lawan-lawannya. Tidak ketinggalan Arsenal, di bawah dinasti Arsene Wenger yang baru saja meraih 2 tropi bergengsi yaitu piala FA dan Community Shield, tentulah menebar ancaman terhadap para pesaing. Yang terakhir tentu saja Manchester City dan Chelsea yang sejak satu dekade terakhir muncul sebagai kekuatan baru yang meruntukan dominasi tim-tim klasik macam Manchester United dan Liverpool. Dalam tiga tahun terakhir, Manchester City telah dua kali mengangkat tropi liga Inggris yaitu tahu 2012 dan 2014, meskipun belum mampu berbicara banyak di pentas Eropa. Demikian pula Chelsea yang dalam 10 tahun terakhir telah mengangkat tropi liga Inggris sebanyak 3 (tiga) kali yakti tahun 2014/2015, 2015/2016 dan 2009/2010 plus satu tropi Liga Champion musim 2011/2012 dan Tropi liga Europe musim 2012/2013.
Untuk musim 2014/2015, kami memprediksi bahwa persaingan gelar juara masih akan diperebutkan oleh juara bertahan Manchester City dengan tantangan serius dari Chelsea, dimana chelsea akan keluar sebagai pemenang. Ada beberapa faktor sehingga chelsea lebih pantas dijagokan daripada Manchester city. Pertama, transfer pemain Chelsea yang dianggap gemilang karena berhasil mendatangkan pemain-pemain top semacam Cesc Fabregas, Diego Costa dan Felipe Luis serta beberapa pemain lain yang merupakan pemain-pemain yang benar-benar dibutuhkan Chelsea untuk menambal kelemahan-kelemahan musim lalu. Kedua, faktor pelatih Jose Mourinho yang selalu membawa tim lebih baik di musim kedua. Manchester City di sisi lain, meskipun banyak belanja pemain namun kebanyakan adalah pemain yang telah melewati masa keemasan seperti Frank Lampard dan Bacary Sagna. Selebihnya hanya Mangala yang merupakan pembelian sukses. 
Posisi ketiga dan keempat diprediksi akan diperebutkan oleh Manchester United, Arsenal dan Liverpool. Dalam pertarungan satu musim, diprediksi bahwa Manchester United akan berada di depan disusul Arsenal dan Liverpool. Manchester United akan terbantu karena tidak tampil di kompetisi Eropa sehingga tidak harus membagi kekuatan, ditambah dengan pengalaman dan rekam jejak Luois Van Gaal akan menjadi nilai tambah bagi MU. Tempat keempat diprediksi akan ditempati oleh Arsenal yang baru saja mendatangkan Alexis Sanches dari Barcelona. Dengan berat hati kami prediksi bahwa Liverpool mungkin tidak akan lolos ke liga Champion karena beberapa faktor diantaranya kepergian Luis Suarez ke Barcelona yang tidak ditutupi dengan pengganti yang sepadan. Sebagaimana yang telah diketahui bahwa Luis Suarez merupakan pemain kunci Liverpool musim lalu dan menjadi top scorer liga Inggris. Faktor lain adalah keterlibatan di liga champion eropa sehingga harus membagi tenaga di banyak kompetisi. Sayangnya tidak banyak pembelian pemain berkelas yang dilakukan Liverpool musim ini, setidaknya tidak ada yang mendekati kelas Luis Suarez, ditambah lagi, pemain kunci mereka selama bertahun-tahun, Stephen Gerrard juga semakin tergerus Usia.

Ini Hanya Prediksi ......
.... Bagaimana prediksi anda .... ?????

No comments:

Post a Comment